Pondasi rumah tiga lantai

Membangun rumah kuat perlu didukung oleh pondasi yang bagus sehingga dapat bertugas secara baik sebagai penahan beban bangunan diatasnya, kesalahan dalam memilih jenis dan ukuran pondasi akan berakibat fatal dimulai dari hal kecil seperti dinding rumah retak sampai bahaya besar yaitu keruntuhan bangunan yang bisa jadi memakan korban nyawa. oleh karena itu perlu ketepatan dalam memilih pondasi. selain itu ada aspek lain yang perlu diperhatikan yaitu penghematan biaya bangun rumah, bisa jadi ukuran pondasi yang kita pilih sudah sangat kuat menahan beban bangunan namun adakalanya setelah diteliti ternyata ukuran tersebut terlalu berlebihan sehingga menimbulkan biaya yang seharusnya dapat dihemat. disini kita uraikan jenis pondasi yang cocok untuk rumah tiga lantai.


Hal-hal yang mempengaruhi pondasi rumah tiga lantai

  • Jenis tanah dan kepadatanya, pada tanah keras akan membutuhkan pondasi dengan ukuran kecil sedangkan untuk tanah lunak perlu dipilih jenis pondasi yang aman seperti cakar ayam.
  • Bentuk arsitektur rumah, bentuk bangunan yang aneh-aneh bisa jadi menggunakan material berat sehingga total beban bangunan menjadi tinggi, oleh karena itu perlu ditentukan jenis dan ukuran pondasi yang sanggup menopangnya.
  • Rencana masa ketahanan rumah, jika bangunan direncanakan akan berdiri selama sekian ratus tahun maka pondasinya juga harus awet seperti tidak mengalami keropos, lapuk dan sejenisnya. sedangkan untuk rumah dengan rencana jangka waktu pakai pendek juga akan terlalu boros jika menggunakan pondasi yang bagus.
  • Dan berbagai kondisi lainya yang mempengaruhi dalam hal pemilihan jenis dan ukuran pondasi.

Jenis pondasi untuk rumah lantai 3

Bermacam tipe pondasi dapat dipilih menyesuikan kebutuhan, berikut ini beberapa alternatif pilihan yang dapat diaplikasikan dalam mendukung kokohnya rumah 3 lantai.
  1. Pondasi batu kali
  2. Pondasi foot plat
  3. Gabungan pondasi batu kali dan foot plat pada titik kolom struktur utama.
  4. Pondasi plat menerus.
  5. Pondasi bor pile yang dihubungkan dengan pile cap.
contoh gambar pondasi gabungan antara foot plate dan pondasi batu kali


Pondasi ini bisa di gunakan untuk rumah 2 dan 3 lantai dengan besar penampang foot plate 
80x80 kedalaman pondasi sekitar 1.5 sampaitanah keras dengan batas bentangan 3m - 6m pada setiap bentangan kolom pondasi ini cocok di gunakan untuk pembangunan bangunan yang membutuhkan bentangan yang panjang.

Bagikan di:

 
www.rakitrumah.com | Pembangunan|Interior disain| Renofasi| Jasa disain dan gambar